Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI)
Informasi Akademik dan Kegiatan-Kegiatan Kampus Terkait Teknologi Informasi

Pilih Bahasa :
English || Indonesia

BERITA TERBARU

Kominfo Gandeng Enam Perguruan Tinggi di Kalimantan Siapkan Talenta Digital Indonesia Masuki Revolusi Industri 4.0
Kominfo Gandeng Enam Perguruan Tinggi di Kalimantan Siapkan Talenta Digital Indonesia Masuki Revolusi Industri 4.0
Tanggal Kegiatan : 04-07-2019 Sampai 21-08-2019 | 122 kali dibaca


Kementerian Kominfo bersama Universitas MulawarmanUniversitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Politeknik Negeri Pontianak menyelenggarakan pelatihan untuk 486 lulusan SMK dan 196 lulusan perguruan tinggi.

Samarinda, Kominfo - Salah satu perubahan besar dalam Revolusi Industri 4.0 di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah transformasi dengan kehadiran perangkat dan keahlian big data, internet of things, artificial intelligence, machine learning, cloud computing, dan beragam teknologi interaktif terbaru.

Presiden Joko Widodo memiliki visi yang jelas dalam mengarahkan ekonomi Indonesia ke era digital baru. Salah satu fokus pembangunan nasional Indonesia tahun 2019 adalah peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, termasuk di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Melalui Program Digital Talent Scholarship 2019, pemerintah memberikan beasiswa pendidikan dan pelatihan untuk mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Bidang pelatihan meliputi Cyber Security, Cloud Computing, Big Data, Artificial Intelligence, Internet of Things, Machine Learning, Digital Skills, IT Essentials, Android, dan Programming Essentials in Python. Selain itu peserta juga dibekali softskill dan hardskill untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.

“Sasaran Program DTS 2019 untuk membekali kompetensi 25.000 orang lulusan SMK, D3/D4, S1, Aparatur Sipil Negara (ASN), guru TIK SMA atau setara serta penyandang disabilitas. Selain itu, memberikan sertifikat dari Global Technology Company dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Latih 680 Calon Talenta Digital Kalimantan

Pelatihan untuk membekali talenta digital ini merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship 2019. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia agar berdaya saing dan mampu memenuhi kebutuhan Revolusi Industri 4.0.

“Diperkirakan dalam satu tahun, Indonesia akan bisa mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain jika mempunyai 600.000 lulusan atau kalangan muda yang mempunyai keahlian  bidang teknologi digital terutama yang terkait dengan kebutuhan industri 4.0.”

“Program ini disesuaikan dengan permintaan pasar sekaligus bekerja sama dengan perusahaan teknologi global seperti Amazon Web Service (AWS) dan Cisco, untuk mengejar ketertinggalan kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Prof. Dr. Henri Subiakto, dalam sambutannya saat pembukaan Regional Digital Talent Scholarship 2019 di Universitas Mulawarman, Samarinda, Rabu, 3 Juli 2019.

Bersama Universitas Mulawarman, Universitas Lambung Mangkurat, dan  Universitas Tanjungpura, Kementerian Kominfo menggelar Fresh Graduate Academy. Program beasiswa pelatihan untuk lulusan perguruan tinggi ini akan berlangsung selama 2 bulan.

Di Universitas Mulawarman, pelatihan diikuti 72 orang peserta. Sedangkan di Universitas Lambung Mangkurat diikuti 74 orang peserta, dan Universitas Tanjungpura menggelar pelatihan untuk 50 orang peserta.

Sementara, untuk membekali lulusan SMK bidang TIK dengan kemampuan digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Politeknik Negeri Pontianak memberikan beasiswa pelatihan Vocational School Graduate Academy yang akan berlangsung selama 1 bulan.

Program pelatihan di Politeknik Negeri Samarinda ini diikuti oleh 199 orang lulusan SMK, di Politeknik Negeri Banjarmasin diikuti oleh 190 orang, dan di Politeknik Negeri Pontianak diikuti oleh 97 orang.

“Program Digital Talent Scholarship 2019 ini luar biasa sekali. Bagi kami ini adalah program yang sangat inovatif, memberikan kesempatan untuk mengembangkan bakat-bakat dan talenta yang ada di jurusan teknologi informasi, harapan kami ke depan program ini dapat diteruskan dan ditingkatkan,” ujar Ketua Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda Ansar Rizal, S.T., M.Kom.

Dukungan 6 Perguruan Tinggi

Program Digital Talent Scholarship ditargetkan untuk meningkatkan standar kompetensi talenta digital Indonesia dengan 4 (empat) program akademi yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Coding Teacher Academy (CTA), dan Online Academy (OA).

Di Kalimantan, pelaksanaan Program Digital Talent Scholarship 2019 bekerja sama dengan enam mitra perguruan tinggi, yaitu Universitas Mulawarman, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Politeknik Negeri Pontianak .

Laporan World Economic Forum 2018 menempatkan Indonesia pada peringkat 80 dari 137 negara dalam aspek kesiapan teknologi. Sementara dari aspek efisiensi pasar kerja, posisi Indonesia berada di peringkat 96 dari 137 negara. Kondisi itu membutuhkan kolaborasi semua pihak untuk mendorong dan mengembangkan sumberdaya untuk memasuki revolusi industri 4.0.

Pemerintah menargetkan, Program DTS 2019 dapat menjadi solusi dalam menyiapkan sumberdaya manusia Indonesia agar lebih siap dalam memasuki Revolusi Industri 4.0.

Pembukaan Regional DTS 2019 di Samarinda juga diisi dengan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan dan Pancasila yang disampaikan Kepala Subdirektorat Pengawasan BNPT Moch Chairil Anwar, SH.

Acara itu juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mulawarman Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sarjono, para pejabat perwakilan dari Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Banjarmasin, dan Politeknik Negeri Pontianak, serta para perwakilan dari sektor industri di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, diantaranya Green Nusa, BRItech, Thortech, dan Utama Web.

Wakil Rektor Unmul dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Kemenkominfo yang telah menggandeng Universitas Mulawarman sebagai salah satu penyelenggara program ini, yang mana sejalan dengan salah satu program Unmul yaitu meningkatkan kemampun mahasiswa maupun lulusan di bidang soft skill IT dan social skills.

Sementara dari Kementerian Kominfo hadir Kepala Pusdiklat Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Usuluddin, Kepala Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Samarinda Ricky H. Paat, dan Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi kelas 1 Samarinda H. Sugandhi.**

Posting Informasi Oleh : Putut ICT-FKTI Tanggal : 09-07-2019

Informasi, Beasiswa, Lowongan Terbaru

Kominfo Gandeng Enam Perguruan Tinggi di Kalimantan Siapkan Talenta Digital Indonesia Masuki Revolusi Industri 4.0
Oleh : Putut-ICT-FKTI Tanggal : 09-07-2019

Kementerian Kominfo bersama Universitas MulawarmanUniversitas Lambun (Selengkapnya..)


Lestarikan Budaya Gotong Royong, FKTI Terapkan Program Jumat Bersih
Oleh : eng-FKTI05 Tanggal : 18-01-2019

FKTI Unmul – Upaya tetap menjaga tradisi budaya gotong royong, program Jumat Bersih akan terus digalakkan disetiap pekannya dan menjadi salah satu program wajib civitas akademika Fakultas Ilm (Selengkapnya..)


Jelang semester genap, FKTI Unmul gelar rapat persiapan
Oleh : eng-FKTI05 Tanggal : 15-01-2019

FKTI Unmul – Waktu perkuliahan semester genap 2018/2019 yang semakin dekat, dimanfaatkan Civitas adakemika FKTI Unmul untuk melakukan rapat persiapan guna (Selengkapnya..)


Evaluasi Kerja dan Penandatanganan perjanjian kerja tendik FKTI UNmul
Oleh : eng-FKTI05 Tanggal : 10-01-2019

FKTI UNMUL –  9 januari 2019 tepat pukul 08.00 wita, FKTI Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan penandatangan perjanjian kerja tenaga kependidikan non PNS, kegiatan tersebut berte (Selengkapnya..)


Digital Talent Scholarship 2019
Oleh : Putut-ICT-FKTI Tanggal : 23-04-2019

(Selengkapnya..)
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN)
Oleh : eng-ICT-FKTI Tanggal : 12-06-2017

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) merupakan beasiswa yang disediakan bagi dosen tetap yang bertugas pada perguruan tinggi di bawah pembinaan oleh Kementerian Riset, Teknologi, d (Selengkapnya..)


BEASISWA PASCASARJANA TENDIK BERPRESTASI (Beasiswa PasTi)
Oleh : Humas-ICT-FKTI Tanggal : 09-05-2017

Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi,  perguruan  tinggi mempunyai peran dan fungsi strategis  dalam mewujudkan amanat Undang-Undang Nomor 20 (Selengkapnya..)


Penerimaan Beasiswa PPA, Osaka Gas Company, dan Bank Kaltim Prima
Oleh : Humas-ICT-FKTI Tanggal : 30-04-2017

Telah dibuka Pendaftaran Penerimaan Beasiswa PPA, Osaka Gas Company, dan Bank Kaltim Prima bagi mahasiswa Universitas Mulawarman.

(Selengkapnya..)
Rekrutmen Lulusan Universitas Mulawarman PT. Metrodata Elektronik, TBk
Oleh : Putut-ICT-FKTI Tanggal : 06-03-2018

Dalam rangka Dies Natalies, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) akan menyelenggarakan hiring kampus pada tanggal 20 - 21 Maret 2018 yang bekerja sama de (Selengkapnya..)


Lowongan Pekerjaan IT Graduate Development Program (GDP) PT. Kaltim Prima Coal
Oleh : Humas-ICT-FKTI Tanggal : 12-10-2017

PT Kaltim Prima Coal (KPC) mengoperasikan tambang batubara di Sangatta Kalimantan Timur dan merupakan salah satu tambang batubara terbesar.

Peluang ada untuk Lulusan Baru (tahun kelulusan (Selengkapnya..)


Lowongan Pekerjaan Guru di Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara PT. Kaltim Prima Coal (YPPSB PT. KPC)
Oleh : eng-ICT-FKTI Tanggal : 12-06-2017

Lowongan Pekerjaan Guru di Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara  PT. Kaltim Prima Coal (YPPSB PT. KPC)

(Selengkapnya..)
Program timeline of UPT PERKASA
Oleh : RVN-ICT-FKTI Tanggal : 17-04-2017

Program timeline of UPT PERKASA dengan mengadakan sosialisasi kerier pengembangan, talkshow dan motivasi kewirausahaan, dan pelatihan public speaking

(Selengkapnya..)
Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang II
Oleh : Putut-ICT-FKTI Tanggal : 23-05-2019

Telah dibuka gelombang 2
sampai dengan tanggal 19 Juni 2019

Selain lulusan D3/D4/S1 bidang IT, MIPA, dan Teknik,
Mahasiswa tingkat akhir juga bisa ikutan ya...
Yuks daftar segera, dan dapatkan banyak benefitnya

(Selengkapnya..)
Halo Digiers Samarinda
Oleh : Putut-ICT-FKTI Tanggal : 08-05-2019

(Selengkapnya..)
FKTI UNMUL Siap Helat Konferensi Internasional
Oleh : eng-FKTI05 Tanggal : 15-01-2019

Bersama FCI UMS, Hadirkan Para Peneliti

Selain aktif mengikuti berbagai konferensi tingkat internasional sebagai peserta maupun tuan rumah, terbaru, civitas akademika Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI), Universitas Mulawarman (UNMUL) dan Faculty of Computing and Informatics (FCI), Universiti Malaysia Sabah (UMS) telah bersepakat melaksanakan kegiatan International Co (Selengkapnya..)


Undangan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang
Oleh : Putut-ICT-FKTI Tanggal : 10-01-2019

Informasi Kepada Seluruh Peserta Tes SKB CPNS

(Selengkapnya..)