Program Studi FKTI Unmul

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI)
Informasi Akademik dan Kegiatan-Kegiatan Kampus Terkait Teknologi Informasi

Kompetensi Lulusan Program Studi Sistem Informasi Universitas Mulawarman

Profil lulusan adalah basis perumusan kurikulum sebuah program studi, target sekaligus tolok-ukur berhasil/tidaknya sebuah kurikulum program studi untuk menghasilkan lulusan-lulusan dengan kompetensi yang diinginkan. Kurikulum SI-FKTI 2019 – 2023 bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan 3 (tiga) peran, yakni:
  1. Pengembang Sistem Informasi (IS Developer) yakni peran yang mencakup perancang, pembuat, penguji, pengevaluasi, pembuat aturan bisnis, hingga menyiapkan sumber-daya pendukung sistem informasi (SI) agar tujuan/permasalahan bisnis organisasi dapat tercapai/diselesaikan dengan efisien dan efektif melalui bantuan SI. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Manajer Proyek SI/TI, Analis Sistem (System Analyst), Analis Sistem Bisnis (Business System Analyst), Perancang Sistem (System Designer), Programmer, dan Arsitek Aplikasi (Application Architect).
  2. Konsultan dan Integrator Sistem (Consultant & System Integrator), yakni peran yang mencakup supervisi, evaluasi dan konsultasi solusi teknologi informasi (TI), serta integrasi berbagai proses bisnis yang difasilitasi dengan SI/TI termasuk di level enterprise. Peran ini dapat dilakukan diantaranya oleh Konsultan SI/TI, Practice Manager, Enterprise Architect, dan Spesialis ERP.
  3. Spesialis Basis Data (Database Specialist) , yakni peran yang mencakup perancang, pembangun, perawatan (termasuk updating), hingga analisis basis data. Peran ini dapat dikerjakan antara lain oleh Database Designer, Database Programmer, Database Administrator, Analis Data (Data Analyst), Data Warehouse Analyst, dan Business Intelligence Analyst.